Thursday, December 1, 2011

Pagi Hari Di Satu Desember

Hari ini gak seperti biasanya rumah gue penuh dengan tamu yang berdatangan. Pagi buta sekitar jam 12.30 gue tiba" terbangun karena mendengar suara tangisan seseorang, ini bukan hantu atau apa, ini benar manusia. Setelah gue dengar dengan teliti mengerutkan dahi ternyata yang nangis itu bapak gue. Gue pun langsung nyamperin ke sumber suara dan ternyata nenek gue udah gak ada (Innalillahi wa innailaihi rajiun). Emang udah beberapa bulan ini kondisi nenek gue gak seperti biasa, beliau udah gak bisa jalan, makan juga susah, tidur susah, pokoknya gak tega gue ngeliatnya.

 Gue langsung teringat dosa" gue ke beliau, gue termenung, mata gue sempat berkaca-kaca, soalnya gue ngerasain banyak kisah" sama nenek and kakek gue dibandingkan sama ade" gue, ya bisa dibilang cucu kesayangan #ttsssaaaahhh. Mungkin agak sedikit gak fair karna pas kakek gue meninggal gue nangis, sampai" rumah gue banjir dan orang" yang lagi pada Yasin-an berhanyutan tapi sekarang gue cuma diem, sesekali mata gue berkaca-kaca ya bagaikan tetesan hujan gerimis yang meskipun sedikit tapi bisa buat orang sakit.

Gue pun langsung kumpul sama keluarga gue, cerita" yang terjadi sama almarhumah gimana. Terakhir posisi yang gue liat tangan nenek gue udah kaya posisi shalat dan subhanallah-nya tangan nenek gue yang udah gak bisa bergerak pas gue pegang juga lemes banget, tapi kata bapak gue ternyata posisi shalat itu nenek gue sendiri yang gerakkin. Dan nenek gue meninggal tepat di ulang tahunnya yang ke 79 tahun. Beliau lahir tanggal ini tahun 1932 - 2011.

Pas gue ke kamar ibu gue ade gue Dilla udah nangis" aja, dia bilang dia kaget pas ngeliat keluar jendela nenek gue lagi dimandiin. Gue coba bangunin ade gue yang satu lagi Nadia. Bussseettttt, gue udah tepok"in mukanya, gue pukul"in, gue smack down juga gak bangun". Gila ini anak kecil tapi udah kaya kebo bangkotan aja tidurnya, dan pas dia bangun dia bilang "aa ngapain si? *ketawa puas*". Gue langsung jitak ade gue sampai berbekas kaya benjol shinchan tingkat 10.

Gue ngobrol sama ade" gue

Gw          : Tuh kalian banyak dosa sama nenek.
Ade Gw  : Aa juga :P
Gw          : *diem*

Gue nanya lagi

Gw       : Dil, sana lu liat nenek sebelum dikafanin.
Dilla      : Gak mau takut *nangis*
Gw       : Banyak dosa si lu. Nad kok gak nangis?
Nadia   : Kata bapak, orang meninggal itu gak boleh ditangisin tapi harus didoain
Gw       : (Gillaaa ade gue ngomong kaya gitu *terharu*).

Sumpah gue sempet ngeluarin air mata, ade gue yang baru seumur jagung udah bisa ngomong kaya gitu. Tapi ada yang gue heran, gue pun nanya lagi

Gw        : De kok diem de?
Nadia    : Ghaaaphaaphaaa *Nangis*
Gw        : *Guuubbbrraakkk* #Jatoh ke hatimu ##wew

Gila ni ade gue, dia yang ngomong bener tapi nangis juga. Wajar si masih kelas berapa SD gitu gue lupa. Tiba" ade gue nanya

Nadia    : A?
Gw        : Apa?
Nadia    : Nama nenek siapa a?
Gw        : *Guuubbbrraakkk lagi* #Jatoh dari hatimu ke hati mantanku ##wow

Parah banget ade gue, dari keluarga mana lo!!! nama nenek sendiri gak tau...

Gue dan ade" diajak ibu buat ngeliat nenek dimandiin, setidaknya ngusapin kakinya. Tapi tetep si Dilla gak mau ikut serta dan tetap menangis. Gue liat almh. nenek gue lagi mandiin, gue ikut ngebersihin mayitnya meski pun ngusap"in kakinya doang. Setelah itu gue liat dikafaninnya, pokonya dari awal sampai akhir gue liat pake mata gue sendiri dan gak pake kepala!. Setelah itu gue Yasin-an, doa Husnul Khatimah, kemudian gue tidur.

Setelah beberapa menit tidur, ya sekitar 90 menit gue bangun dan gue bingung kaya orang linglung. Gue bingung di ruang tengah banyak orang pada ngaji sedangkan kalo gue mau ke kamar mandi harus lewat ruang tengah, yang ada nanti muka jelek gue keliatan. Gue langsung ganti baju aja tanpa mandi dan tanpa ganti daleman. Pas gue duduk di teras gue liat banyak emak" yang lagi ngaji buat almh. nenek gue. 

Kalo di kampung itu suka ngasih hadiah bela sungkawa gitu, kalo gak beras, uang seikhlasnya. Sempet gue ngeliatin emak" yang ngasih uang dan dia simpen di tempat yang sudah tersedia, dia ngambil uangnya dari mana? dari BeHa-nya. Giillllaaaaa, ngapain itu duit disimpen di BeHa? emang bakalan nambah banyak? emang ada BeHa pelipat ganda uang? gak ada! Doraemon aja gak bakalan punya alat kaya gitu.

Gue pun nyebarin sms dari bapak gue tentang meninggalnya nenek gue. Setelah gue ngirim sms ke berbagai temen dan kerabat" gue jawaban mereka gak beda jauh "Sabar ya zi..", "Semoga amal ibadahnya di terima disisi-Nya", "Gue turut berduka cita", hahaha. . Dan jawaban gue pun gak mau kalah sama "Amin... Thanks ya..." gue kirim ke semua balesan sms gue Hahahaha #justKidding^_^. Tapi ada beberapa temen gue yang bales smsnya parah banget "Ini azi mana ya?", "Neneknya siapa yang meninggal?". #capeDeh

Ya sebelumnya gue minta maaf sama kalian yang baca, mungkin ada diantara kalian yang berpikir gue parah banget, harusnya berduka tapi malah nulis cerita kaya gini. Ini cerita pun sekedar buat ngurangi rasa sedih gue dan selebihnya biar gue aja yang ngerasain. Jangan pernah kalian melewatkan waktu terpenting bersama orang yang kalian sayang sebelum mereka tiada, dan gunakanlah waktu yang ada untuk memberikan yang terbaik untuk orang yang kalian cinta. Yang terpenting berbaktilah kepada keluarga terutama orang tua.

NB    : Mungkin permohonan gue di bulan Desember ini Semoga UAS gue lancar dan dapet nilai => B, Bapak gue cepet dapet kerja lagi (katanya si mau ke Jogja), Semoga keluarga gue berkah dan nenek gue meninggal Husnul Khatimah dan diterima disisi-Nya. Amin...Kau selalu dihati kami nek :')
Share:

1 comment:

  1. Good job jhon,
    Turut berduka cita juga..
    semoga lapang disana..

    ReplyDelete