Thursday, November 10, 2011

Apa Enaknya Merokok?

Baru nyampe kampus gw langsung buka lepi buat nulis blog ini, lepi itu bahasa kerennya laptop. Tujuannya si biar gw ga kaya hari" kemarin, udah masuk kelas bukannya belajar malah nulis blog, gw juga kan pingin jadi anak yang berguna bagi bangsa dan negara. Buat anak yang masih kecil bahkan belum lahir gw minta tolong dengan amat sangat tamat buat kalian mencamkan petuah gw ini jangan pernah ngikutin yang negatif dari cerita ini ya, ikutin aja yang positifnya, kaya nulis blog kaya gw, ganteng kaya gw, keren kaya gw, dan kaya gw lainnya *sesat*. Nah... buat yang ngerokok bukan maksud gw buat nyindir kalian atau ngapa"in kalian *pegang golok*, tapi ini cuma berbagi pengalaman dari gw aja kok.

Gue minta izin kaya gini buat menjaga hubungan gw sama anak" kecil and para perokok biar ga selek. Sebenrnya gw bingung sama rokok, apa si enaknya dari seputung rokok? dihisap, dikeluarin lagi, dihisap terus dikeluarin lagi, dihisap terus keluarin lagi ga tau sampai kapan mungkin sampai orang itu meninggal kali ya. atau mungkin pas dia udah terpantat kaku dia masih ngerokok juga?(pantat = bujur). Salut gw kalo ada orang kaya gitu.

Gw sempet ngewawancarain om gw, kebetulan waktu itu gw ada tugas buat ngewawancarain perokok. Gw nanya" dan interogasi dia, dia pun bilang gini "Orang" sekarang itu ngerokok cuma buat gaya doang, keren"an doang. Paling cuma isep buang, isep buang, kaya kentut tau ga lo. Ga sama kaya orang" tua dulu, ngeroko yang bener tuh isep rokoknya, masukin asepnya ke paru", tahan, taha, jangan keluarin lewat belakang, tahan terus, udah ga kuat langsung buang lagi, itu cara ngeroko yang baik dan benar. Kenapa harus dimasukkin ke paru"? Karna kan tujuan utama merokok itu buat menghangatkan tubuh." Bener juga ya kata om gw, asep rokok jangan pernah dikeluarin lewat belakang, kenapa? gila aja lo gas alaminya aja udah bau gimana di campurin asep rokok? jgn pernah lo bayangin... Ya begitulah kata om gw.

Waktu gw SD gw sempet diajak ngeroko sama temen" gw, biasalah anak ingusan kalo diancem ga ditemenin bakal ngelakuin apa aja asal punya temen. Gw coba isep tuh rokok, sialnya gw ga keluarin dan gw batuk". Gw juga pernah di ajarin sama sodara gw terus dia nyuruh gw ngisep lagi, gw isep dan batuk" lagi. Sejak itulah gw bertekad buat ga ada yang namanya rokok dalam hidup gw ditambah bapak gw juga suka bilang "Azi lo jangan pernah ngerokok ya... *megang samurai*".

Alhamdulillah sampai sekarang gw ga merokok, dan gw ga mau ngerokok, titik segede biji salak. Ngisep asep rokok yang menyebabkan gw jadi perokok pasif aja gw lemah, parah banget tuh perokok aktif. Meskipun katanya perokok pasif itu bakal sama aja atau lebih parah sakitnya dari perokok aktif, tetep aja lo banyak dosa kalo jadi perokok aktif.
  • Pertama, mubazir, ngapain lo cape" beli rokok sedangkan lo sendiri pengangguran, biasanya karna bingung ga ada kegiatan karna nganggur malah ngerokok, coba kalo lo tabungin itu uang, buat keluarga lo naik haji, terutama orang tua lo. 
  • Kedua, kita cuma bakal menyebarkan penyakit ke setiap umat manusia dan rokok menyebabkan setiap orang bisa langsung mati. Kaya ngerokok didalem angkot, duduk deket orang yang punya penyakit asma akut, dia bengek dan lama" mati. Dijalan raya, apa lagi ditengah jalan rayanya ketabrak truk tronton, mati. Di kamar mandi lagi ngerokok, eh rokoknya ketelen, mati juga... *kasihan*
  • Ketiga, ini hal yang paling penting, penting dan sangat penting. Gw bingung sama perokok, udah tau setiap perusahaan rokok nyantumin kata kaya gini disetiap produknya "Merokok dapat menyebabkan kanker, serangan jantung, impotensi, gangguan kehamilan dan janin", gw ulangin "Merokok dapat menyebabkan kanker, serangan jantung, impotensi, gangguan kehamilan dan janin", gw tegaskan "Merokok dapat menyebabkan kanker, serangan jantung, impotensi, gangguan kehamilan dan janin", gw sudahi saja acara ini,*loh*.  
Tapi kenapa orang" masih suka ngerokok? udah tau ada tulisan kaya gitunya, jelas disetiap bungkus rokok. Yang bego tuh sebenernya siapa sih? orang yang beli dan tetep ngerokok? udah tau resikonya banyak, masih aja dibeli. Perusahaannya? udah tau lo nulis kaya gituan tapi tetep aja ngejual... Siapa yang bego??? siapa??? Ya Tuhan siapa??? Hanya Tuhan dan jajarannya yang tahu. Pokoknya buat kalian coba deh ga ngerokok, sebenrnya ketergantungan itu hanya sebuah sugesti yang masuk ke alam bawah sadar Anda dan Anda meyakini bahwa Anda sudah kecanduan ditambah rokok itu gerbang dari semua zat adiktif. eedddaaaassss...

Pokoknya gw bingung sama keluarga perokok (hal" yang ada didalam lingkaran rokok), udah tau kata MUI juga diharamkan, masih aja rokok merajalela. Ironis sekali negeriku Indonesia ini... Ironis oh... ironis...
Segini dulu ya cerita gw tentang rokok, gw mau upacara hari Pahlawan dulu di kampus (kalo ga males and kalo dapet hidayah) *males mode on*.

NB : Gw sangat berharap carita gw yang satu ini ga cuma jadi ajang hiburan aja tapi kalian yang baca juga bisa ambil pelajarannya. Ya gw peduli banget sama kalian yang imut", unyu", jangan sia"kan hidup ini kawan...
Terakhir gw liat orang ngerokok dia langsung meninggal. Gw perhatiin dia si kayanya baru pertama kali ngerokok karna dia amatiran bukannya ngisep asep rokok dia malah ngisep puntung rokoknya... Dasar amatiran!!!
Share:

2 comments: